Haaah. dari hari rabu sakit pinggang. curiganya sakit ginjal, soalnya pas malemnya nahan pipis trus paginya sakit pinggang. telusur punya telusur tenyata sakit masuk angin. parahnya kena syaraf tulang belakang. kerennya sih ‘kadalon’. haha. masalahnya ini udah 2 kali, jadi udah parah lah. sebelumnya di tulang punggung deket panggul. kemaren di bagian pinggang

jumat siang, jam 2 ada uts yang tidak bisa ditinggalkan dengan alasan apapun. setelah malemnya dipijitin sama ahli totok dari surabaya, ceilee, mau ga mau harus mau ngikutin uts. dengan berangkat dianterin bokap dari rumah, akhirnya gua nyampe juga ke ruang kuliah. walaupun dateng telat gara2 lupa ruangannya diubah. haha.

bayangin deh, ngerjain uts, sambil kepala pusing, badan keringetan dingin trus telat gitu, enak ga sih? nah itu dia yang gua rasain. ajibon dah rasanya. tapi dibabad lah. haha. 15 menit sebelum bel gua kumpulin ujian gua, gara2 dapet sugesti positif dari kakak kelas pengawas yang bilang ‘waktu 15 menit lagi, yang udah beres kumpulin aja. yang ga bisa2 mending kumpulin aja daripada pingsan.’ nah sugesti yang pingsan itu lah yang bikin gua ngumpulin. udah diisi semua sih, tapi ga tau deh gimana nanti hasilnya. haha. doain yaa.

temen gua di kelas, si alfred aja blom ngumpulin tuh. padahal kerjaan gua sama dia di kelas sama aja. ketawa haha hihi. pas gua lewatin dia, gua giniin ‘hihi lama.’ haha. kaka kelasnya juga keliatannya kesel gua kaya gitu tingkahnya.

haduuh, kalo gua baca ulang diary gua kali ini, ga jelas ya arah tujuan dan maksudnya? gua aja ga ngerti apa lagi readers ya? haha. namanya juga masih lieur. haha. fin

kuliah selama ini kerjaan gua tuh cuma nongkrong di vegas, dateng telat ke kelas, sama tidur. tapi sebenernya ga cuma itu. gua selalu ngeliatin dia di kelas. anehnya dia kalo gua liatin, ga pernah ngeliat balik ke gua. biasanya kalo orang diliatin kan ada feeling2 gimana gitu yang bikin reflek kita buat nengokin kepala. tapi dia ga! atau mungkin dia ngeliatin gua pas gua lagi tidur ya? ya mungkin aja.

tapi ajaibnya waktu kemaren lusa, dia nyapa gua waktu jalan dari kelas abis pelajaran. wow, amazing! apa ini dampak dari… kurang tau juga sih. tapi yang jelas gua seneng laaah. hehe

Mata adalah salah satu indera manusia yang berguna untuk melihat. Mata juga merupakan salah satu sumber keindahan manusia. Jika mata kita rusak, atau terganggu, tentu akan sangat tidak nyaman bagi kita.

Kesehatan Mata

Kesehatan mata meliputi beberapa aspek. Diantaranya kesehatan bola mata, kornea, dan lensa mata. Semuanya sangat berhubungan dengan penglihatan. Kesehatan mata sangat perlu kita jaga agar penglihatan kita tidak berkurang dayanya. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya makan makanan yang mengandung vitamin A, menjaga penggunaan mata, dan menjaga kebersihannya.

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dapat membantu kita menjaga kesehatan mata. Seringkali daya penglihatan kita berkurang jika kita kekurangan vitamin A. Buktinya? Apakah Anda pernah melihat kelinci menggunakan kaca mata? *bercanda* Bahkan percaya tidak percaya, wortel yang mengandung vitamin A, jika kita rajin mengkonsumsinya, maka akan mengurangi kerabunan mata. Vitamin A juga dapat mencerahkan mata .

Selain itu, dengan menjaga penggunaan mata, kita juga bisa mengurangi resiko berkurangnya daya penglihatan, terutama karena kerabunan. Banyak kasus kerabunan yang terjadi karena terlalu sering menonton TV di jarak yang tidak aman. Atau juga terlalu sering berhadapan dengan monitor tanpa istirahat dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, kita perlu menjaga penggunaan mata agar tidak berlebih.

Bukan berarti kita tidak boleh membaca, menonton TV, atau berhadapan dengan monitor komputer misalnya. Tetapi, kita harus tahu caranya yang baik. Untuk membaca, kita perlu memberi jarak minimal 30cm antara mata dan bacaan. Selain itu badan harus tegak, tidak condong. Untuk menonton TV, jarak minimal mata dan TV adalah 3m. Dan untuk berhadapan dengan monitor komputer, jarak minimalnya adalah sepanjang lengan Anda. Posisi mata tepat di depan monitor dan badan harus tegak.

Kebersihan Mata

Kebersihan mata juga sangat terkait dengan kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena mata yang bersih akan selalu sehat. Banyak juga orang-orang yang daya penglihatannya berkurang karena mata. Yang paling sering kita temui, misalnya pada saat mata Anda kelilipan. Tentu rasanya sangat tidak nyaman. Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatan mata kita.

Pada saat mata Anda kelilipan, janganlah anda mengucek mata Anda, karena dapat merosak kornea mata Anda. Hal yang pertama bisa dilakukan adalah meniup mata Anda ke arah tengah muka. Mintalah bantuan teman Anda yang ada. Kemudian Anda bisa membersihkannya dengan obat tetes mata. Atau dengan cara sederhana, rendam mata Anda di dalam air bersih, kemudian pijat perlahan ke arah tengah muka. Hal ini bertujuan agar kotoran terkumpul. Karena di pojok mata Andalah kotoran akan terkumpul dan dibersihkan mata Anda. Jika yang masuk adalah bulu mata, maka harus segera dikeluarkan lang sung tanpa dibersihkan, sebab bulu mata akan masuk ke dalam mata Anda sehingga sulit dikeluarkan.

Untuk mata yang sensitif debu, Ada perawatan yang lebih khusus. Secara tradisional, anda dapat mengoleskan mata Anda dengan minyak kelapa. minyak kelapa sangat mudah dibuat. Namun tidak salah juga jika Anda berkonsultasi ke dokter.

Untuk beberapa kasus yang lebih berat, seperti katarak dan kornea atau lensa rusak, Anda harus segera menghubungi dokter.

Sekian info tentang kesehatan dan kebersihan mata. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Sumber: checkin.hostzi.com